Indonesia ( teks eksemplum dan teks tanggapan kritis )



Teks Eksemplum
Teks eksemplum adalah teks yang mengambil hikmah dari insiden yang ada di dalamnya. Pengertian lain dari teks eksemplum adalah jenis genre cerita yang berhubungan dengan insiden yang di dalamnya terdapat beberapa hal yang menjadi insiden.

Insiden yang terjadi di dalam teks tersebut dijadikan bahan untuk menarik suatu kesimpulan tentang nilai nilai atau pelajaran berharga oleh pembaca. Teks eksemplum intinya tidak terletak pada cerita yang ada dalam teks, tetapi terdapat pada nilai atau pelajaran yang ingin disampaikan melalui ilustrasi cerita yang disampaikan.

Kalau cerita fabel maupun cerpen dan jenis genre cerita lainnya ada juga terdapat amanat namun amanat yang terdaapt pada cerita cerita tersebut adalah tersirat atau dengan kata lain implisin. Jika teks eksemplum langsung terdapat amanat di bagian akhirnya.

Pada dasarnya, teks eksemplum mempunyai 3 struktur seperti

1.      Orientasi
Pada bagian ini, merupakan bagian awl teks yang membicarakan tokoh utama dalam teks tersebut.

2.      Insiden
Pada bagian ini mengenai tentang peristiwa yang berisi persoalan yang akan dihadapi oleh tokoh utama. Insiden yang dialami tokoh utama menjadi deretan persoalan yang akhirnya akan memberikan konsekuesi terhadap langkah yang ditempuhnya.

3.      Interpretasi
Pada bagian ini merupakan akhir cerita dan merupakan evaluasi dan akibat terhadap pilihan yang dilakukan oleh tokoh tokoh dalam cerita sehingga memberi pelajaran pada tokoh tersebut dan juga berisi amanat dan pesan moral kehidupan.

Dalam penyusunan teks eksemplum terdapat ciri ciri kebahasaan antara lain penggunaan kalimat kompleks, kata rujukan dan kata hubung atau konjungsi.

Fitur bahasa pada teks eksemplum adalah

·         Menggunakan bahasa naratif.

·         Menunjukkan urutan peristiwa yang jelas.

·         Menghadirkan diri penulis (kami, kita, aku) yang ada dalam interpretasi dan koda.

·         Teks ini biasanya menggunakan proses material dan tindakan utnuk mengeksplorasi insiden.

·         Menggunakan proses reasional untuk mengeksplorasi penilaian.

·         Menggunakan referensi teks dan hubungan leksikal untuk menunjuk pada nilai nilai yang   disarankan oleh peristiwa.




Teks Tanggapan Kritis
Teks tanggapan kritis adalah jenis teks yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi teks sastra, teks karya seni atau pertunjukkan. Teks ini dapat berupa respons pribadi atau reviu. Dalam teks tanggapan kritis terdapat penilaian berupa kritik dan pujian. Kritik yang diberikan hendaknya bersifat membangun yaitu kritik dapat membantu untuk berkarya lebih baik atau menjadi lebih baik lagi setelah mengetahui kekurnagan dan kelebihan hasil karyanya. Adapun pujian merupakan pernyataan atau perkataan yang tulus akan kebaikan, kelebihan atau keunggulan suatu hasil karya.

Struktur teks tanggapan kritis adalah sebagai berikut
1.      Evaluasi
Pada bagian ini, merupakan bagian awal teks yang berisi pernyataan umum mengenai masalah yang akan dibahas.
2.      Deskripsi teks
Berisi tentang argumen, pernyataan dan alasan yang kuat untuk mendukung argumennya.
3.      Penegasan ulang
Berisi tentang sikap akhir penanggap terhadap permasalahan di dalam teks.

Unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks tanggapan kritis adalah kalimat simpleks atau kalimat tunggal, kalimat kompleks atau kalimat kompleks, konjungsi, rujukan kata dan pilihan kata.

Share:

1 komentar

  1. How to Make Money from Betting on Sports Betting - Work
    (don't worry if you get top jordan 6 retro it wrong, though) jordan 10 retro clearance The process involves placing bets w88 on different Order air jordan 11 shoes Outlet Online events, but it can หารายได้เสริม also be done by using the

    BalasHapus

Diana IX-I . Diberdayakan oleh Blogger.

Bonjour & Welcome

Comment